Berbagi pengetahuan untuk kebaikan…

DESKRIPSI SINGKAT : 

Mata kuliah ini bermaksud untuk memperkenalkan tentang pengetahuan dasar penelitian ilmiah dan aplikasinya di informatika. Materi-materi pokok yang akan dibahas dalam mata kuliah ini antara lain meliputi pemahaman dan keterampilaan dalam pelaksanaan penelitian ilmiah mulai dari formulasi masalah, studi kepustakaan, pengumpulan dan pengolahan data, analisis, hingga penyusunan hasil penelitian ke dalam suatu tulisan ilmiah serta etika dalam penelitian.

TUJUAN KOMPTENSI UMUM  :

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan akan dapat: 1) memahami pengetahuan dasar tentang penelitian di bidang informatika, 2) memahami dan mempunyai keterampilan untuk melakukan penelitian ilmiah di bidang informatika mulai dari formulasi masalah, studi kepustakaan, pengumpulan dan pengolahan data, analisis, hingga penyusunan hasil penelitian ke dalam suatu tulisan ilmiah.

TUJUAN KOMPETENSI KHUSUS :

Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu:

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep-konsep dasar penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan lingkup dan klasifikasi penelitian
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pokok permasalahan penelitian
  4. Mahasiswa mampu memahami dan mencari berbagai hal yang terkait dengan  teori dan sumber pustaka dalam penelitian ilmiah
  5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain penelitian
  6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pemilihan data penelitian
  7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pemilihan data penelitian metode dan instrumen pengumpulan data
  8. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teknik analisis data
  9. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teknik analisis data
  10. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan penulisan ilmiah
  11. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teknik presentasi penelitian

DOWNLOAD SLIDE PRESENTASI KULIAH:

Sesi_1_Konsep_Dasar_Penelitian

Sesi_2_Lingkup_dan_Klasifikasi_Penelitian_Bisnis

Sesi_3_Perumusan_Masalah_Penelitian

Sesi_4_Teori_&_Sumber_Pustaka_+_Tugas_1

Sesi_5_Desain_Penelitian

Sesi_6_Pemilihan_Data_Penelitian

Sesi_7_Metode_&_Instrumen_Pengumpulan_Data

Sesi_8_Analisis_Penelitian_Statistik_Deskriftif_&_Inferensial

Pedoman_Tugas_2_Proposal_Penelitian

Sesi_9_Kode_Etik_Penulisan_Ilmiah

Kisi-Kisi UAS Metlit

About these ads

Comments on: "Metodologi Penelitian" (19)

  1. Muhammad Gibran Munggaran said:

    Assalamualaikum, Wr. Wb
    Maaf pak mengganggu, saya Muhammad Gibran Munggaran dari Kelas IRM A4/10, ingin bertanya seputar tugas yang pertemuan tadi sore itu, untuk tugasnya kan mencari contoh skripsi atau tesis sejenis yang lainnya dan dibuat makalah, yang saya ingin tanyakan untuk pembuatannya itu :
    1. Jika sudah mendapatkan contoh skripsi atau tesisnya, pembuatan makalahnya itu mengambil judul dari skripsi atau tesis contoh itu atau membuat judul baru yang ada unsur dari contoh skripsi atau tesis itu pak?
    2, Untuk isinya pak, jika judulnya sama seperti skripsi atau tesis yang contoh, isi dari contoh skripsi atau tesis itu boleh dimasukan ke makalah atau isi contoh skripsi atau tesis itu untuk isian makalah boleh dirubah dan ditambahkan dari berbagai sumber lainnya? dan
    3. Jika judulnya Berbeda dari contoh skripsi atau tesis tetapi judul tersebut ada unsur seperti judul contoh, isi dari contoh skripsi atau tesis itu boleh dimasukan ke makalah atau isi contoh skripsi atau tesis itu untuk isian makalah boleh dirubah dan ditambahkan dari berbagai sumber lainnya?
    Maaf pak sebelumnya pertanyaannya banyak, sesuai peribahasa, lebih baik banyak bertanya daripada sesat di jalan, sebelumnya terima kasih banyak pak.
    Wassalamualaikum, Wr. Wb

    • Wa’alaikum salam wr wb.

      1. Karena ini tugasnya berupa literatur review, maka judul makalahnya dibuat sama dengan judul skripsi/jurnal/tesis/prosiding yang topiknya menarik untuk Anda jadikan sebagai Skripsi/Tugas Akhir.
      2. Boleh Anda tambahkan dari sumber referensi lainnya, terutama di bagian 7 dan 8.
      3. Boleh dengan catatan menuliskan sumber referensinya. Tugas literatur review ini boleh dari 1 buah skripsi/jurnal/prosiding atau dari beberapa skripsi/jurnal/prosiding yang mempunyai topik yang sama.

      Anda mendapatkan Kartu Hijau (3 point) ingatkan saya pas jam kuliah untuk memberikan kartu hijau-nya.

      Selamat mengerjakan ya….. Ganbatte! :D

  2. eva handayani said:

    bapak maaf saya mau bertanya pertemuan ke4 kmrn soalnya ga kburu dan banyak yg nnya. hhhe

    bagaimana agar penelitian yang kita buat itu bisa menjawab permasalahan yang ada? karna saya rasa seseorang yg mmenuhi tugas akhir penelitian biasanya hanya sampai prnelitian saja tdk di tindak lanjuti. bgaimn sih pak biar pnelelitian yg di buat mmnuhi kriteria, mnjawab pmasalahsn yg ada & tepat waktu.. ??????

    maaf mnggangu pak. trims
    10403071
    eva handayani irm a4/10

  3. utari said:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bapak maaf, saya ingin menanyakan tentang pertemuan ke5 minggu kemarin, setelah saya baca kembali ternyata ada hal yg saya kurang pahami tentang penelitian korelasional, pertanyaannya:
    Dalam kontek apa saja penelitian korelasional itu dilakukan, dan apa tujuan dari penelitian tersebut??
    Terimakasih bapak :)

    Utari komala dewi
    IRM A4/10 (10403064)

    • Wa’alaikum salam…
      Hubungan antar variabel salah satunya adalah bentuk Korelasional. Korelasional dilakukan jika terdapat banyak variabel independen yang menjelaskan atau mempengaruhi viariabilitas suatu variabel dependen, maka tipe hubungan antar variabel yang paling mungkin adalah berupa hubungan korelasional (asosiasi).

      Contoh pertanyaan yang menguji hubungan korelasional:
      ”Apakah umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan ketrampilan mengemudi mempunyai hubungan dengan terjadinya kecelakaan di jalan ?”

      Maksudnya:
      umur, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan/keterampilan mengemudi tidak mempunyai hubungan langsung yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Tetapi, peneliti ingin mengetahui hubungan antara variabel umur, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan/keterampilan mengemudi terhadap variabel kecelakaan di jalan raya. Artinya, antara vaiabel dependen dan independen mempunyai hubungan korelasional, bukan sebab akibat.

      Anda, mendapatkan kartu Hijau (3 point). Silahkan, ambil ketika kuliah ya.

  4. Shinta Williani said:

    Assalamualaikum Wr.Wb.,
    Bapak, maaf saya (Shinta Williani, kelas ARM C3/10) mau bertanya tentang judul untuk Tugas Akhir apa boleh menggunakan singkatan? Jika boleh, apa singkatan tersebut dapat dihitung satu kata atau tetap dihitung sesuai kepanjangannya?
    Contoh : SDM, dihitung satu kata atau 3 kata?
    Terimakasih sebelumnya, Pak.

    • Judul Tugas Akhir boleh menggunakan singkatan umum yang sudah dimengerti Pembaca. Akan tetapi, lebih baik jika tidak menggunakan singkatan.

  5. maaf pak, saya mau bertanya mengenai susunan tugas proposal penelitian. Itu apakah susunan nya harrus persis sama seperti yang terdapat dalam pdf bapak,mengenai pedoman tugas 2proposal penelitian. ?
    saya fian dari IRM A4-10.
    terimakasih.

  6. qorry rachmawati p (irm A4-10) said:

    assalamu’alaikum
    bapak saya bertanya untuk tugas proposal skripsi apakah harus menggunakan catatan kaki atau tidak??
    terimakasih
    wassalamu’alaikum

  7. Siti Nur Afifah (IRM A4-10) 10.403.070 said:

    assalamu’alaikum wr.wb
    bapak maaf mengganggu waktunya..
    saya mau nanyain soal proposal skripsi yang bab 2,, yang di maksud dengan kajian ilmiah nya gimana yah pak?? saya gak ngerti..
    terimakasih yah pak
    wassalamu’alaikum wr.wb

    • Kajian ilmiah adalah kajian literatur atau teori. Memuat teori-teori yang mendukung dalam menjawab perumusan masalah. Selamat mengerjakan.

  8. Neneng Siti Saniyah said:

    Assalamualaikum, Wr. Wb.
    Perkenalkan nama saya Neneng Siti Saniyah dari kelas ARM C3/10.. saya ingin menanyakan tentang tugas proposal yang akan dikumpulkan pada UAS nanti.. kebetulan saya akan membahas tentang perencanaan perkiraan/forecasting jumlah kunjungan pasien di Rs. Rencananya saya akan menghitung perkiraan jumlah pasien pada 3 tahun kedepan yang pastinya akan berhubungan dengan angka-angka dan statistik. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Tentang bab 2 (Kerangka berfikir dan Metodologi penelitian), saya akan menggunakan jenis penelitian kuantitatif (karena berhubungan dengan angka), tetapi dalam pengumpulan data menggunakan wawancara. Apakah boleh?? Karena saya akan melakukan wawancara dengan petugas sensus dan mengambil data dari laporan tahunan.. apakah pengumpulan data yang saya rencanakan sudah tepat ?
    2. Tentang bab 3 (rencana penelitian), apa saja yang harus ada dalam bab ini pa? selain Time schedule (waktu pengambilan data)? Apa kita perlu mencantumkan rancangan atau contoh perhitungan yang akan kita lakukan?
    Sebelumnya saya meminta maaf apabila menggangu waktu Bapak, karena saya tidak bisa menanyakannya secara langsung (jadwal mata kuliah metlitnya sudah habis, hehe).. Terima kasih.. ditunggu jawabannya..
    Wassalamualaikum, Wr. Wb.

  9. Neneng Siti Saniayah ARM C3/10 said:

    Assalamualikum.,.,Wr.,.,Wb.,.
    maaf pa., nama saya Neneng Siti Saniyah dari kelas ARM C3/10.. ingin menanyakan tentang tugas proposal yang dikumpulkan UAS nanti.. kebetulan Neneng akan membahas tentang Forecasbting (peramalan) jumlah pasien selama 3 tahun kedepan yang pastinya berhubungan dengan angka-angka dan statistik.. yang ingin ditanyakan,
    1. tentang bab 2 (kajian teori dan metodologi penelitian) saya akan menggunakan penelitian kuantitatif (karena berhubungan dengan angka).. dalam pengumpulan data saya akan melakukan wawancara dengan petugas sensus dan melihat laporan tahunan di RS. apakah pengumpulan datanya berupa wawancara? apakah pengumpulan data yang akan saya lakukan sudah tepat?
    2. tentang bab 3 (rencana penelitian), apa saja yang harus ada dalam bab ini? apakah saya perlu mencantumkan rencana perhitungan/contoh perhitungan yang akan saya lakukan??
    maaf sebelumnya,, apabila mengganggu waktu bapak.. karena saya tidak bisa menanyakannya secara langsung (jadwal metlit udah habis…hehehe) ditunggu jawabannya… terima kasih…
    Wassalamualakum., Wr.,w

    • Wa’alaikum salam wr wb…
      1. Jika Anda menggunakan metoda kuantitatif, sebaiknya menggunakan instrumen penelitian berupa Kuesioner. Coba lihat lagi slide kuliah sesi 7 Metode dan Intrumen pengumpulan data :D.
      2. Dalam bab 3 proposal penelitian cukup mencantumkan rencana kegiatan berupa time schedule per kegiatan penelitian disertai penjelasannya. Tidak perlu mencantumkan rencana perhitungan analisis kuantitatifnya.

      Selamat mengerjakan ya…. Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: