Model Layanan Jasa Berbasis E-Commerce untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik di Instansi Pemerintah (Studi Kasus: Layanan Jasa Kalibrasi di UPT BPI LIPI)

Abstrak

 Salah satu program pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang saat ini sedang dilakukan pemerintah adalah peningkatan kualitas terhadap pelayanan publik. UPT Balai Pengembangan Instrumentasi (UPT BPI) merupakan salah satu unit Eselon III di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan layanan jasa di bidang kalibrasi. Permasalahan layanan jasa di UPT BPI LIPI selama ini masih bersifat manual sehingga layanan terhadap publik masih berjalan lambat, tidak ada kepastian waktu dan biaya,  serta sistem birokrasi layanan yang agak rumit. Dengan adanya model layanan jasa berbasis e-Commerce, UPT BPI LIPI diharapkan mampu melayani publik secara cepat, tepat waktu, transparan, sistem layanan yang sederhana, dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Tahapan metode penelitian adalah melakukan analisis SWOT terhadap rencana penerapan e-Commerce, melakukan analisis kebutuhan sistem layanan jasa kalibrasi berbasis e-Commerce, perancangan Context Diagram,  rancang bangun aplikasi, dan pengujian prototype layanan jasa kalibrasi berbasis e-commerce untuk versi desktop dan mobile. Makalah ini menghasilkan model rancangan layanan jasa kalibrasi berbasis e-Commerce untuk peningkatan kualitas terhadap pelayanan publik di UPT BPI LIPI.

Kata Kunci: e-Commerce,  amalisa SWOT, data flow diagram.

Telah dipublikasikan di Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Indonesia 2012: “Model Layanan Jasa Berbasis E-Commerce untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik di Instansi Pemerintah (Studi Kasus: Layanan Jasa Kalibrasi di UPT BPI LIPI)”, e-Indonesia Initiatives Forum 8, ISBN 978-979-16338-4-0. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) Labtek VIII, Bandung, 24-25 April 2012.

Klik link berikut untuk men-download makalah lengkapnya.

[20120076]_[Hanif_Fakhrurroja]_[Model_Layanan_Jasa_Berbasis_e-Commerce_untuk_Meningkatkan_Kualitas_Layanan_Publik_di_Instansi_Pemerintah]

Categories: Publikasi Ilmiah | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: