Pengembangan Model Komunitas Pembelajar Virtual Menggunakan Knowledge Management System Berbasis Mobile Internet

Cover-ProsidingHanif Fakhrurroja
UPT Balai Pengembangan Instrumentasi – LIPI
hani002@lipi.go.id

Abstrak

Sejarah peradaban manusia terbagi dalam tiga gelombang perubahan, yaitu era manual, era mesin industri, dan era pengetahuan. Saat ini, peradaban manusia telah memasuki era pengetahuan di mana pengetahuan telah menjadi modal virtual (human capital) yang sangat menentukan bagi perkembangan dan pertumbuhan organisasi. Dengan didukung oleh perkembangan teknologi mobile internet, menjadikan proses pembelajaran dan berbagi pengetahuan dapat dilakukan dengan mudah, tanpa perlu ada batasan ruang dan waktu. Makalah ini akan membahas mengenai model komunitas pembelajar virtual pada suatu organisasi menggunakan knowledge management system (KMS) berbasis mobile internet. Model yang dibangun terdiri dari tiga bagian, yaitu content, colaboration, dan process. Metoda kualitatif digunakan sebagai teknik untuk mengidentifikasi dan merancang model KMS yang tepat bagi suatu komunitas virtual. Dengan adanya model komunitas pembelajar virtual ini diharapkan setiap organisasi mampu mengelola dengan mudah pengetahuan yang ada di pegawainya sehingga dapat menjadi aset bagi organisasinya.

Kata Kunci : era pengetahuan, mobile internet, knowledge management system.

Telah dipublikasikan di Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Indonesia 2013: “Pengembangan Model Komunitas Pembelajar Virtual Menggunakan Knowledge Management System Berbasis Mobile Internet”, e-Indonesia Initiatives Forum 9, ISBN 978-979-16338-5-7. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) Labtek VIII, Bandung, 23-24 Mei 2013.

Klik link berikut untuk download makalah lengkapnya.

IJTIKSS-01: Pengembangan Model Komunitas Pembelajar Virtual Menggunakan Knowledge Management System Berbasis Mobile Internet

Categories: Publikasi Ilmiah | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: