Pentingnya Melatih Kemampuan Berpikir Anak di Usia Dini

Setiap orang tua tentu mendambakan anaknya menjadi orang yang cerdas sehingga kelak bisa menjadi orang yang berhasil dan sukses dalam hidupnya. Lalu, apa yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua agar anak Anda menjadi cerdas? Menurut penelitian yang pernah dilakukan ternyata kemampuan berpikir anak bisa diasah melalui berbagai stimulus atau rangsangan.

Prestasi Anak

Mengapa melatih kemampuan berpikir anak di usia dini atau balita sangat penting bagi perkembangan kecerdasannya? Dari beberapa hasil penelitian diperoleh bahwa anak usia dini (0-6 Tahun) pertumbuhan dan perkembangan otaknya sudah mencapai 80%. Pada usia 7-18 tahun, otak mereka hanya berkembang sebanyak 20% lagi. Pada usia di atas 18 tahun, otak manusia tidak lagi berkembang, yang berkembang hanyalah sel-sel sarafnya saja (Suyadi, 2009).

Teori neurosains modern menyatakan bahwa pada masa pertumbuhan tersebut (golden ages) sangat memungkinkan anak untuk mengembangkan seluruh zona kecerdasannya secara seimbang. Bahkan, salah satu pakar psikologi perkembangan terkemuka, Deborah Stipek, menyatakan bahwa anak pada usia tersebut, hampir selalu bisa diajari berbagai hal. Lebih dari itu, mereka hampir tidak pernah gagal dalam belajar (Lawrence E. Shapiro, 1999). Anak-anak pada usia dini bisa menguasai apa saja yang diajarkan dalam waktu yang relatif singkat. Mereka hampir tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk menguasai berbagai hal tersebut. Oleh karena itu, hanya pada usia dinilah kesempatan Anda sebagai orang tua untuk menumbuhkan kecerdasan anak secara sempurna. Teori ini sangat mudah dibuktikan, coba saja Anda ajarkan cara menghapal surat-surat pada Al-quran atau rumus-rumus matematika kepada anak-anak dan kepada orang tua yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Mana yang lebih cepat hapal dan menguasai? Tentu anak-anak, bukan?

 

Categories: Berbagi Pengetahuan | Tags: , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Pentingnya Melatih Kemampuan Berpikir Anak di Usia Dini

  1. dwiafrelly@gmail.com

    Thanks pa hanif..

  2. ada peribahasa belajar semasa anak2 bagaikan mengukir diatas batu,belajar dimasa dewasa bagaikan mengukir diatas air ya pak?😀 ,,, thanks pak bisa jd referensi aku mengembangkan kemampuan anakku🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: