Peluang Mencari Pundi-Pundi Uang di Bisnis Musiman

Menjadi seorang karyawan kantoran dengan penghasilan yang pas-pasan tentu bukan merupakan pilihan bijak dalam mencari uang (hihihihi…padahal saya sendiri seorang pegawai pemerintah :P). Yup…betul, Sekeras apapun Anda berusaha bekerja dengan baik dan maksimal, penghasilan yang diterima tiap bulannya tentu tidak berubah. Walaupun naik, mungkin hanya satu tahun sekali. Jadi, tidak sedikit orang atau karyawan yang memendam keinginan berwirausaha dengan harapan memperbaiki penghasilan. Banyak juga yang sudah siap secara finansial, tetapi masih juga belum menentukan pilihan bidang usaha apa yang sebaiknya dijalankan. Lalu, apa sebenarnya yang menghambat Anda? Jika ternyata peluang usaha bisa datang dari mana saja, termasuk dengan milirik setiap momen bisnis musiman yang sebenarnya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Nah, seperti apa saja momen bisnis musiman? Momen bisnis musiman merupakan momen usaha pada saat-saat atau waktu-waktu tertentu, seperti pada saat memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri atau pada saat anak-anak memasuki tahun ajaran baru. Jika Anda jeli memanfaatkannya, tentu anda bisa menciptakan peluang usaha yang dapat menambah pundi-pundi uang Anda.

Apa yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan peluang itu? Anda hanya perlu mencari informasi dan menyaringnya. Kesempatan bisa diciptakan, bukan? Anda harus jeli melihat kebutuhan pasar pada setiap momen yang ada. Namun, pastikan Anda sudah lebih dahulu memetakan pasar dan meyakini produk yang akan Anda jual dapat menghasilkan dalam jangka waktu pendek.

Nah, jika Anda mengamati setiap Idul Fitri, di beberapa sudut jalan Anda akan mendapati pedagang musiman, seperti penjual mainan anak-anak, penjual baju anak-anak dengan tokoh Super Hero yang lagi ngetrend, pakaian muslim dengan berbagai model terbaru yang menarik para hijabers, berbagai macam kue dengan warna-warna dan tampilan yang menarik dan lain-lain. Bahan bakunya juga bisa didapatkan dari berbagai sentra grosiran. Anda pun bisa menggali kesempatan bisnis musiman seperti ini dengan lebih jeli melihat kebutuhan pasar yang sifatnya musiman. Para Pedagang yang hanya bermodalkan kios sederhana dengan beratapkan tenda ini ramai dikunjungi orang-orang yang akan membelanjakan “THR” Lebaran. Tapi ingat ya, Jangan sampai bikin lapak di pinggir jalan yang bisa membuat kemacetan… bisa-bisa dimaki-maki para pengguna jalan lainnya😀

Peluang usaha seperti ini selalu terbuka lebar bagi siapa saja. Bahkan para Pelajar atau Mahasiswa sekalipun. Dengan berbekal Smartphone dan Blackberry para “Newbie” ini dengan gencar mampu mempromosikan dagangannya. Dan hasilnya pun cukup lumayan, buat tambah-tambah penghasilan.

Dalam membangun usaha Anda memerlukan perencanaan yang matang agar investasi yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Jangan berinvestasi tanpa perencanaan yang matang, karena hal tersebut bisa saja membuat usaha yang Anda buka merugi. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai terjun berbisnis? Berikut beberapa persiapan yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih Sesuai Minat. Ketika Anda menentukan untuk terjun ke dunia bisnis, pilihlah jenis usaha musiman yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki. Hal ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri ketika Anda memulai usaha. Jangan sekali-kali memilih usaha yang tidak Anda kuasai, karena biasanya Anda akan sangat tergantung pada orang lain.
  2. Kelola Uang. Adanya peningkatan penghasilan akan lebih memudahkan untuk mulai berinvestasi. Jadi, kelolalah uang sebaik mungkin. Jangan sampai antara Modal dan Keuntungan tertukar. Hitung dengan cermat setiap uang yang didapatkan.
  3. Ciptakan Peluang. Lebih baik menciptakan peluang baru, dan usahakan jangan mengikuti bidang usaha yang sudah ada. Atau, bisa saja anda memodifikasi produk lama dengan kreativitas dan model yang baru.
  4. Kondisi Stabil. Rapikan terlebih dahulu kondisi keuangan keluarga sebelum memulai berwirausaha.
  5. Buat Rencana. Pelan-pelan buat rencana usaha yang akan digeluti. Tak perlu terburu-buru. Lakukan analisis dengan cermat agar produk yang Anda hasilkan benar-benar diminati pasar.
  6. Tekun. Siap menghadapi tantangan dan tekun adalah modal utama menjalankan usaha

Demikianlah sedikit berbagai ide … Mudah-mudahan bisa memberikan motivasi untuk terus mencari penghasilan dengan jalan halal. Selamat mencoba!

 

Categories: Berbagi Pengetahuan | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Peluang Mencari Pundi-Pundi Uang di Bisnis Musiman

  1. Yang penting kayaknya tekun ya pak, apapun juga jika dikerjakan dengan tekun akan memberikan hasil maksimal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: